Wednesday, December 5, 2012

Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan

ASPEK PEMASARAN

Aspek pemasaran meliputi hal-hal mengenai :
  1. permintaan, baik secara total ataupun diperinci menurut daerah, jenis (segment) konsumen, dan sebagainya.  Di sini juga diperlukan perkiraan tentang proyeksi permintaan tersebut.
  2. penawaran, baik yang berasal dari dalam negeri ataupun dari impor.Bagaimana perkembangan di masa lalu dan perkiraannya di masa depan.  Juga perlu diperhatikan factor-faktor yang mempengaruhi penawaran ini, seperti barang substitusi, perlindungan (proteksi) pemerintah dan sebagainya.
  3. harga, dilakukan perbandingan dengan barang impor ataupun barang substitusi dari dalam negeri.
  4. program pemasaran, mencakup strategi pemasaran yang akan dipergunakan, ‘marketing mix’.  Identifikasi siklus kehidupan produk (product life cycle) perlu diperhatikan untuk menentukan tahapan produk tersebut.
  5. Perkiraan Penjualan (market share), yang biasa dikuasai oleh perusahaan, dan juga perkiraan penjualan yang bias dicapai perusahaan.
Karakteristik Pokok Aspek Pasar :
  • Permintaan nasional untuk produk/jasa tertentu tidak terlalu besar
  • Adanya garis pemisah yang cukup jelas dari segmen pasar yang ada (baik segmen pasar atas dasar geografis, status sosial) sehingga berpengaruh terhadap strategi pemasaran yang hendak dijalankan
  • Kebanyakan produk yang dibuat merupakan produk pengganti produk impor
  • Untuk jenis produk tertentu seringkali terjadi terlalu besarnya peranan pemerintah dalam mempengaruhi mekanisme pasar sehingga keputusan bisnis/proyek berdasarkan pada keputusan politik
Pertanyaan Dasar Yang Perlu Dijawab Dalam Aspek Pemasaran :
  • Seberapa potensalnya market pasar di masa depan
  • Bagaimana strategi pemasaran guna mencapai targer market share
Strategi Pemasaran = Berbagai usaha yang perlu dilakukan oleh calon investor dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan hasil produksinya

Metode Pengukuran dan Peramalan Permintaan :
  • Untuk melihat peluang pemasaran yang tersedia dan  menentukan sebagian yang akan menjadi peluang pemasaran untuk bisnis yang diusulkan
  • Pengukuran permintaan adalah usaha untuk mengetahui permintaan atas suatu produk atau sekelompok produk di masa lalu dan masa sekarang dalam kendala tertentu
  • Peramalan permintaan merupakan usaha untuk mengetahui jumlah produk atau sekelompok produk di masa yang akan datang dalam kondisi tertentu
Pendekatan peramalan ada 2 :
  1. Pendekatan time series
yaitu model tidak memperhatikan hubungan sebab akibat (hasil peramalan hanya memperhatikan kecenderungan dari data masa lalu yang tersedia)

  2. Causa effect method

adalah pendekatan yang memperhatikan hubungan sebab akibat (pendekatan yang menjelaskan terjadinya suatu keadaan oleh sebab-sebab tertentu)

ASPEK KEUANGAN 
Aspek keuangan mempelajari tentang:
  1. dana yang diperlukan untuk investasi, baik untuk aktiva tetap maupun untuk modal kerja.
  2. sumber-sumber pendanaan yang akan dipergunakan. Berapa banyak dari modal sendiri?  Berapa banyak dari pinjaman jangka pendek?  Berapa banyak dari pinjaman jangka panjang?
  3. taksiran penghasilan, biaya, dan rugi/laba pada berbaga tingkat operasional.  Juga membahas estimasi tentang break even point dari usaha tersebut.
  4. manfaat dan biaya dalam artian financial, seperti net present valuerate of return on investmentinternal rate of return,payback period, dan profitability index.
  5. proyeksi keuangan, yang menggambarkan arus kas, sumber pendanaan dan penggunaan dananya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam aspek keuangan:
  • Kebutuhan dana

- untuk aktiva tetap (investasi)
- untuk modal kerja

Penggolongan aktiva tetap :
  • Aktiva tetap berwujud

- tanah dan pengembangan lokasi
- bangunan dan perlengkapannya
- pabrik dan mesin
  • Aktiva tetap tidak berwujud

- aktiva tidak berwujud (patent, lisensi)
- biaya pendahuluan (studi pendahuluan, survey pasar)
- biaya sebelum operasi (biaya latihan, produk percobaan)

Modal Kerja Terdiri dari :
  • Modal kerja bruto (kas, surat berharga, piutang, persediaan)
  • Modal kerja netto yaitu selisih aktiva lancar dengan utang jangka pendek)

Sumber modal :
  • Modal sendiri
  • Saham biasa
  • Obligasi
  • Kredit bank (investasi maupun non investasi)
  • Leasing (sewa bangunan)
  • Project finance

Sumber:

0 comments:

Post a Comment